Sunday, September 25, 2011

HIPOKONDRIA

Apa sih HIPOKONDRIA itu?
Hipokondria adalah perasaan berlebihan yang dimiliki oleh seseorang akan suatu penyakit.

Contoh:
Jika seseorang demam, maka akan berfikir dan mengobatinya dengan demam saja. Tetapi untuk Hipokondria maka demem bisa dianggap sakit berat. Misal demam berdarah, atau bahkan penyakit berat lainnya.

Jika sedang batuk, maka orang hipokondria bisa berfikir bahawa batuknya itu merupakan gejala kanker paru atau bronkitis. Bahkan terkadang disela batuknya orang-orang hipokondria tak jarang merasa bahwa batuknya mungkin akan mengeluarkan darah. Padahal tidak!

Meskipun dokter yang dikunjungi mengatakan tidak mengidap penyakit bahaya atau yang dialami hanya penyakit biasa, orang-orang Hipokondria biasanya tidak percaya. Kemudian mereka akan mencari dokter lain bahkan mungkin alternatif juga.

Orang-orang Hipokondria gemar mencari info seputar penyakit. Mulai dari membaca buku, mencari di internet, kujungan RS/klinik,dokter/dll... dan "ilmunya" akan dihubung-hubungkan dengan keadaan fisiknya yang akhirnya mendiagnosa sendiri bahwa dirinya mengalami suatu penyakit parah.

Ada juga orang-orang Hipokondria yang memanfaatkan keadaan dirinya yang diangap sakit berat untuk mendapatkan simpati dan mungkin juga perhatian-perhatian lain yang sesuai dengan tujuannya. Karena dia berfikir "sakit akan memberi berkah" meskipun sebenarnya orang Hipokondria tersebut tidak sakit.
Orang-orang sekitarnya yang tidak tahu akhirnya akan mengaggap orang Hipokondria tersebut benar-benar mengidap suatu penyakit berat.

Hipokondria adalah gangguan psikis/jiwa yang disebabkan stress, "sok tahu akan penyakit", kecemasan berlebih, dll

Hipokondria bisa disembuhkan dengan mengunjungi psikiatris

No comments:

Flags

free counters