Tuesday, June 28, 2011

pengalamanku ikut ujian bahasa korea

Setelah sekian tahun jatuh cinta dengan drama Korea, beberapa bulan lalu aku memutuskan untuk belajar bahasa korea. Awalnya sekedar ingin lebih memahami dialog yang ada di setiap film yg aku putar, karena subtitle yang ada kadang sungguh mengecewakan (maklum, bajakan hehehe).

Diawali dengan belajar mengenal huruf dan menghafalnya, cari tahu cara baca dan tulisnya lewat internet, sampai suatu ketika aku mulai belajar grammar bahasa korea yang (amppun DiJeee) susahnya minta ampun menurut aku.

entah kenapa, meski sulit namun ternyata mempelajari bahasa korea sangat menyenangkan. Dengan tekat yang bulat dan semangat tinggi (demi kelangsungan hobi nonton drama korea) mulailah persiapan perang dimulai.

Tapi, bagaimana caranya aku bisa cepat bisa? Untuk saat ini sepertinya sangat tidak mungkin aku daftar dan ikut kursus bahasa korea. Jadi bagaimana donk? *tiiiiing*


Twitter: sudah lama aku punya akun twitter dan sampai saat ini hanya bisa nge-tweet dan lihat postingan orang. So aku pikir, daripada mubazir (hehehe) akhirnya aku add beberapa aktor dan artis korea (entah asli atau gadungan) supaya aku bisa baca obrolan/tweet/apalah namanya yang mereka tulis. Jadi punya akun twitter hanya untuk "ngintip" tulisan aja (sesekali nulis sih, tapi gak jelas hahahaha)

Browsing: kapan saja aku punya waktu dan kesempatan untuk pakai internet, pasti aku surfing dan mampir ke blog atau website yang memuat informasi seputar materi bahasa korea.

Drama Korea: sejak aku memutuskan belajar bahasa korea, aku semakin rajin nonton (hihihihi). Bedanya, kali ini aku nonton sambil bawa buku dan alat tulis. Aku paling senang jika setting dramanya di luar korea karena pastinya aka sangat banyak translate bahasa korea yang muncul (jadi ada 2 subtitle : English - 한국어).
Aku juga paling senang kalau ada adegan kirim-kirim sms, kirim-kirim note, surat, dll. karena aku bisa "nyontek" bagaimana cara mengutarakan sesuatu dalam bahasa korea.

Lagu: seperti awal belajar bahasa inggris, kali ini aku juga sengaja menghafal beberapa lagu dari penyanyi korea. Yang pastinya tentu saja lagu-lagu tersebut berasal dari drama yang aku tonton hehehe :p

bla bla bla

Akhirnya ... jeng jeng jeeeeng. Hari Minggu kemarin (26 Juni 2001) aku memutuskan untuk ikut serta ujian bahasa korea.

Waaaaaaah, baru sampai lokasi ujian aja sudah demam panas dingin. Sampai di ruang tes, langsung aja tiba-tiba kena penyakit batuk (padahal sebelum sampai situ sehat wal afiat lho). ckckck
Sambil nunggu kertas ujian dibagikan, aku tuh gak tau kenapa jadi gak bisa diem macam orang yang bisulan di bokong (aw aww)
... Gubraaak!! setengah buru-buru aku minta ijin untuk beli minum karena waktu ujian masih 40 menit lagi.

bla bla bla

Jeng jeng jeeeeeng.. tibalah waktunya tes dilaksanakan.
Meski sudah gak gugup, tapi efek dagdigdug bikin aku "blank" beberapa saat.
Tiba-tiba terdengar pemberitahuan bahwa waktu mengerjakan soal tinggal 20 menit lagi (Ohh Nooo)

Aku tutup mata dan coba tenang, dan... BOOMM .. soal-soal yang tadinya aku skip karena aku anggap tidak tahu, tiba-tiba aja bisa aku pahami (cieee... suit suiiiitt).

Dengan bergegas aku kerjakan sisa soal yang belum selesai aku jawab.

... wah, lancar sekali aku rasanya seperti jalan di jalan tol pada dini hari.. lancaaaarrr

tiba-tiba: "waktu sisa 4 menit lagi"

whaatt??? Oh nooo.. bagaimana ini? masih ada beberapa yang belum aku jawab. Dan aku kembali panik (kali ini super panik hahaha) sampai-sampai membuat sedikit kegaduhan sendiri di bangkuku (ihh memalukan!!!)

Daaan.. tepat saat waktu habis, langsung saja pengawas mengumpulkan lembar jawaban kami (ohh semoga tidak ada yang terlupa)

bla bla bla

akhirnya dengan perasaan kecewa aku beranjak keluar dari gedung tempat tes tadi.
Aku kecewa karena aku seharusnya bisa lebih dari itu (sepertinya aku yakin kalau jawabanku banyak yang salah T_T)

Akhirnya aku memutuskan untuk mampir sebentar di kantin. (niatnya sebentar, ternyata disitu ada menu ayam penyet yang enak banget dengan sambal yang super pedas dan menggiurkan HAHAHA)

Akhirnya aku malah nongkrong di kantin sambil makan (ckckckckck.. apa kata dunia)

Yah segitu saja curhatnya.
Bukan berarti aku posting ini terus aku lulus lho (itu mah pamer hihihi).
JADI JANGAN SEDIH DAN JANGAN BERHARAP KALI INI AKU CERITA SOAL KEBERHASILAN AKU IKUT TES BAHASA KOREA HOHOHO (malu nih)
Tapi tetap sih aku berharap bisa lulus dan dapat nilai tinggi (sayangnya aku gak nulis jawaban aku di lembar soal, jadi aku gak bisa cek skor aku deh huhuhu *payah*)

WISH ME LUCK GUYS !!! *ngarep.com*


Ini adalah salah satu soal tesnya (yang menurut aku sangat cukup mudah)


1. 지도입니다
2. 명함입니다
3. 달력입니다
4. 여권입니다










ini satu lagi:

다음, 차림표에 대한 설명으로 맞지 않는 것을 고르십시오 
1. 제일 싼 음식은 칼국수입나다
2. 순두부가 된장찌개보다 비쌉니다
3. 해물탕은 2인분을 시켜야 합니다
4. 이 식당에서는 불구기를 팔지 않습니다

Yahh.. kira-kira seperti itulah soal-soalnya..

zzz ... zzz ...

Secara koneksi internetnya sudah mati-mati terus (selebihnya ngadat) mending aku OUT!

Annyeong ^^

2 comments:

shyhtzong said...

sekilas soal d atas kayaknya mudah khususnya yg soal kedua " kecuali " krn soal ini bs menyita banyak waktu kalau belum punya strategi , bs jd kalau osal seperti ini mudah berarti lulus dah ha ha ha

litalita said...

amiin

sejak selesai ujian sampai hari ini gelisah terus nunggu hasil. hahaha

makasih udh mampir ^_^

Flags

free counters